Tips dan Trik Mendidik Anak Sejak Dini Supaya Disiplin | Cookingareas.Com

Tips dan Trik Mendidik Anak Sejak Dini Supaya Disiplin

October 12th, 2011 0 Comments

ads

Mendidik anak mandiri tidak sepenuhnya merupakan tanggung jawab guru untuk memprosesnya. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam membentuk kemandirian anak dalam segala hal. Meskipun kita sebagai orang tua mungkin tidak begitu mengerti tentang kehidupan mereka, namun orang tua bisa mengambil peran sebagai pendamping atau memberikan motivasi.

Kita boleh memanjakan anak, tetapi jika dilakukan dengan intensitas yang berlebihan bisa-bisa si kecil akan menjadi cengeng dan memiliki jiwa yang rapuh. Anak bisa karena mereka biasa untuk melakukan segala hal dengan sendiri. Pentingnya seorang anak belajar mandiri sejak dini agar anak tidak bergantung pada orang lain. Anda dapat melakukannya dengan cara memulai dari hal-hal yang sederhana dan kecil yang dilakukan secara teratur. Misalnya dengan melatih untuk memasang kancing baju, memasang baju atau celana.

Untuk menanamkan kemandirian, kita sebagai orang tua hendaknya jangan selalu menuruti keinginan anak. Hindari merasa kasihan jika kita tidak memenuhi segala keinginannya. Justru jika kita merasa kasihan dan menuruti kemauannya, membuat si kecil akan bergantung pada orang lain pada saat dewasa.

Keuntungan bagi orang tua jika anak mandiri adalah orang tua tak perlu khawatir apabila harus jauh dari anak. Begitu pun dengan si kecil, mereka tidak akan kaget lagi apabila harus berjauhan dengan orang tuanya.



   
ads ads ads ads

Like This Yooo… :-)